Selamat Datang!!! Terima Kasih Atas Kunjungannya!!!

Minggu, 20 Mei 2012

Sekilas SBH Kota Kendari

Salam Pramuka!!!
Sebagai salah satu saka yang aktif di Kota Kendari, Saka Bhakti Husada Kota Kendari sudah berdiri sejak tahun 2006 atas prakarsa Kak Hartawan selaku ketua DKD saat itu, Kak Alung, Kak Safar, dan Kakak-kakak lainnya yang sangat memberi perhatian pada saat itu. Bersamaan dengan akan diadakannya Perkemahan Bakti Saka Bhakti Husada 2006 Kota Kendari sebagai tuan rumah tentu tidak mau ketinggalan dari Kwartir-kwartir lain sehingga memutuskan untuk mengaktifkan SBH. Saka Bakti Husada Kota Kendari masih aktif hingga saat ini, dan sudah banyak mengikuti kegiatan-kegiatan tingkat cabang, tingkat daerah, tingkat nasional, maupun event-event pramuka lainnya.
SBH Kota Kendari sebagai wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman senantiasa memberikan kesempatan bagi anggota pramuka untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan. Tujuan dibentuknya SBH Kota Kendari adalah sebgaimna tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada, yaitu untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkungannya.
Atas alasan tersebut setiap tahunnya SBH Kota Kendari selalu mengadakan penerimaan anggota baru guna menciptakan generasi SBH yang tentu saja tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri melainkan juga bermafaat bagi lingkungannya. Hal ini sejalan dengan peran Saka Bakti Husada dalam Pembangunan Kesehatan, yang mana sangat diperlukan untuk :
  • Meningkatkan citra Gerakan Pramuka dalam pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan
  • Membekali peserta didik anggota Pramuka tentang pengetahuan dan ketrampilan di bidang kesehatan
  • Menyiapkan kader bangsa khususnya kader di bidang kesehatan
  • Menjadi contoh dan pelopor hidup sehat bagi generasi muda dan masyarakat sekitarnya
  • Mendorong kesadaran, kemauan, dan kemampuan generasi muda melalui gerakan kepramukaan untuk hidup sehat
  • Memelihara dan meningkatkan kesehatan perseorangan, keluarga, masyarakat dan lingkungannya.
Peran-peran ini bagi anggota SBH Kota Kendari akan dijabarkan lebih rinci dan lebih mendalam lagi sebab dalam SBH Kota Kendari setiap anggotanya akan dibimbing berdasarkan minatnya terhadap bidang kesehatan tertentu yang telah dijabarkan dalam krida-krida. Krida tersebut dalam Saka Bakti Husada dibagi dalam 6 Krida, yakni Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, dan Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Sebagai wadah pendidikan, saka berperan dalam menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengalaman Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam berbagai bidang kejuruan/teknologi. Saka juga memiliki peran dalam memotivasi peserta didik untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara. Selain itu sesuai dengan aspirasi kaum muda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional, sebagai komitmen terhadap kode kehormatan yaitu Satya dan Darma Pramuka. Karena itu setiap minggunya anggota SBH Kota Kendari selalu mengadakan pertemuan untuk membahas hal-hal apa saja terkait keaktifan SBH Kota Kendari, ataupun mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang perlu diikuti dan diadakan oleh SBH Kota Kendari.
Sebagai Gerakan pramuka, Saka Bakti Husada adalah organisasi yang juga secara aktif merencanakan dan mengadakan kegiatan bagi anggotanya, baik para peserta didik maupun bagi para Pembina Pramuka (anggota dewasa). Segala bentuk kegiatan yang diselenggrakan bagi Gerakan Pramuka diarahkan sebagai alat pendidikan untuk mencapai tujuan, untuk menjadi manusia yang memiliki keyakinan agama yang kuat, berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur, memiliki mental yang kuat, cerdas, serta sehat jasmani dan rohani.Tercapainaya tujuan tersebut merupakan indikator keberhasilan dalam menjalankan dan mengelola sebuah kegiatan yang dijadikan sebagai wadah pembelajaran, mengasah kemampuan, menambah keterampilan dan pengetahuan. Semua hal tersebut diharapkan akan bermanfaat baik bagi diri pribadi maupun orang lain.
Dengan demikian sebagai pemandu kesehatan marilah bersama-sama memajukan Gerakan Kita dalam ikatan Saka...... Maju terus SBH....

Was. War. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Harap Tinggalkan Komentar Untuk Membantu Kami Mengembangkan Blog Ini....