Selamat Datang!!! Terima Kasih Atas Kunjungannya!!!

Jumat, 18 Mei 2012

Perkemahan PHBS 2009

 

1. PENDAHULUAN
1.1. UMUM

Bahwa Berkemah dalam kegiatan kepramukaan adalah suatu rekreasi yang bersifat edukatif yang dilaksanakan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Sistem Among, dimana terjadi proses pendidikan dalam bentuk pembelajaran interaktif, untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.

Kegiatan perkemahan PHBS merupakan wujud tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan fasilitator PHBS yang telah dilaksanakan sebelumnya. Bahwa Berkemah dalam kegiatan kepramukaan adalah suatu rekreasi yang bersifat edukatif yang dilaksanakan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Sistem Among, dimana terjadi proses pendidikan dalam bentuk pembelajaran interaktif, untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan. Sebagaimana dalam metode kepramukaan bahwa kegiatan di alam terbuka, adalah merupakan cara yang efektif dalam proses pembentukan watak dan kepribadian, pemantapan mental, moral, spiritual, pisik, intelektual, emosional dan sosial peserta didik sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat.

Selain itu, sebagaimana diketahui bahwa Pendidikan Kelompok Sebaya adalah salah satu pendekatan komunikasi, informasi, dan edukasi yang efektif yang diciptakan dan dilaksanakan oleh anggota kelompok tertentu untuk sesamanya. Sehingga peserta didik memperoleh kesempatan belajar memimpin dan dipimpin berorganisasi, memikul tanggungjawab, mengatur diri, menempatkan diri, bekerja sama dalam kerukunan (gotong royong).

Mengingat betapa pentingnya perkemahan dalam Pramuka, dan pentingnya Pendidikan Kelompok Sebaya di atas, maka kami berinisiatif melaksanakan Kegiatan Perkemahan Kelompok sebaya untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kota Kendari.

1.2. DASAR PELAKSANAAN
  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
  2. Keputusan Kwartir nasional Gerakan Pramuka Nomor : 080 tahun 1988 tentang Pola dan mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega
  3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 032 tahun 1989 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka.
  4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 053 tahun 1985 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Saka Bakti Husada.
  5. Program kerja Saka Bakti Husada Cabang Kota Kendari tahun 2009
  6. Program kerja Dewan Saka Bakti Husada Cabang Kota Kendari tahun 2009

1.3. MAKSUD, TUJUAN, DAN SASARAN.
  1. Adapun maksud diadakannya kegiatan ini yaitu :
  • Pembinaan dan peningkatan mental dan fisik peserta didik,
  • Proses pembelajaran yang terfokuskan pada bidang kesehatan,
  • Peningkatan pengetahuan Pramuka penegak di bidang kepramukaan khususnya di bidang kesehatan,
  • Peningkatan kualitas dan kuantitas Pramuka penegak di bidang Kesehatan

  1. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu :
  • Memotivasi Pramuka penegak agar tetap eksis di dalam kegiatan kepramukaan,
  • Memberi pembelajaran dam pemahaman yang lebih lanjut tentang PHBS (Perilaku Hodup Bersih dan Sehat),
  • Membentuk mental dan fisik Pramuka penegak dan Pramuka Pandega yang Pancasilais,
  • Memberikan pengalaman-pengalaman kepada Pramuka penegak dan Pramuka Pandega yang dapat dijadikan motivasi untuk belajar dan berkreatifitas.
  • Meningkatkan pemahaman dan keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tentang materi Pendidikan Kelompok Sebaya Krida Bina PHBS
  1. Adapun sasaran diadakannya kegiatan ini yaitu :
  • menciptakan generasi muda Pramuka yang peduli terhadap kesehatan,
  • menjadikan para Pramuka menjadi kader yang sportifitas, melahirkan kader yang siap memimpin.
  • menciptakan generasi muda Pramuka yang mampu menggerakkan dan memberdayakan masyarakat sekitarnya untuk ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

1.4. Nama dan Pengertian.
Nama kegiatan ini adalah “Perkemahan Kelompok Sebaya Krida Bina PHBS Saka Bhakti Husada Kota Kendari Tahun 2009”.

Perkemahan Kelompok Sebaya Krida Bina PHBS Saka Bhakti Husada Kota Kendari Tahun 2009 adalah kegiatan perkemahan yang dilaksanakan atas inisiatif anggota Pramuka Saka Bhakti husada Kota Kendari untuk membina dan membentuk perilaku hidup bersih dan sehat bagi anggota saka Bhakti Husada Kota Kendari Khususnya dan anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega umumnya.

1.5. Waktu dan Tempat Kegiatan.
Perkemahan Kelompok Sebaya Krida Bina PHBS Saka Bhakti Husada Kota Kendari Tahun 2009 dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Juni 2009 di Bumi Perkemahan Hutan Lindung Tahura Nipa-nipa Kota Kendari.

1.6. Motto Kegiatan.
Motto kegiatan perkemahan ini adalah “ Satyaku Kudarmakan Darmaku kubaktikan”


2. PELAKSANAAN KEGIATAN.
2.1. Peserta Perkemahan.
2.1.1. Peserta.
Peserta perkemahan ini adalah anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berasal dari gugus depan-gugus depan di Kota Kendari yang dianggap aktif oleh gugus depannya.

Peserta perkemahan yang hadir pada perkemahan adalah berjumlah ................. (Nama peserta terlampir).

2.1.2. Pendamping Pembina.
Pembina pendamping adalah pembina Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berasal dari gugus depannya dan/atau racananya untuk mendampingi pesertanya.

Pembina pendamping perkemahan berjumlah

2.2. Panitia Pelaksana.
Panitia pelaksana perkemahan ini adalah Anggota Pramuka Saka Bhakti Husada Kota Kendari yang dianggap mampu dan bertanggung jawab dalam perkemahan ini, beserta Fasilitator-fasilitator PHBS Kota Kendari. (SK Panitia terlampir).

2.3. Anggaran.
Anggaran kegiatan ini adalah berasal dari swadaya panitia dan peserta, serta sumbangan-sumbangan yang tidak mengikat dan bersifat halal. (rincian terlampir).

2.4. Kegiatan yang Terlaksana & tidak Terlaksana
Secara umum Kegiatan yang direncanakan oleh panitia terlaksana dengan baik, meski beberapaa kendala terjadi dilapangan baik sebelum kegiatan dilaksanakan yaitu pada saat persiapan dan pada saat kegiatan dilaksanakan. Jadwal kegiatan terlampir.

2.5. Kendala-Kendala
Kendala-kendala yang dialami panitia adalah masalah dana yang kurang dari dinkes kesehatan kota kendari.

0 komentar:

Posting Komentar

Harap Tinggalkan Komentar Untuk Membantu Kami Mengembangkan Blog Ini....